Event Organizer
“Mahkota”
1. Himawan
Okta Riyanto
·
Jabatan
: Onwer
·
Tugas
: Pemilik modal yang harus di keluarkan untuk kebutuhan perusahaan tersebut.
·
Permasalahan yang sering di temukan :
a. Terkendala
oleh modal yang sangat sedikit
b. Adanya
komplain tentang kinerja atau pelayanan yang diberikan oleh pelayan kepada
customor
·
Solusi dari masalah :
a. Mencari
lebih banyak sponsor untuk menutupi kekurangan dana , jika masih kurang atau
tidak mendapat sponsor tambahan maka harus melakukan pinjaman ke bank dengan
memberhatikan suku bunga agar tidak mengalami kerugian yang cukup besar.
b. Melakukana
evaluasi tentang kinerja terhadap bagian yang dikomplain oleh pelanggan dan
memanggil bagian yang terkait utnuk memperbaiki kinerjanya agar sesuai dengan
apa yang diinginkan oleh pelanggan.
2. Alya
Maherka Ekaputri
·
Jabatan :
Manager Director
·
Tugas : Pemimpin proyek terhadap
kelancaran acara.
·
Permasalahan yang
sering di temukan :
a. Para
anggota dari bagian manager yang sulit diatur
b. Gaji
karyawan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan karyawan dan ingin meminta
gaji tambahan
c. Adanya
karyawan pengganti bila karyawan tersebut sedang cuti
d. Pemesananan
Clien / pelanggan yang terlalu dengan dekat dengan hari yang di tentukan
sehingga tidak dapat memesan lokasi yang diinginkan
e. Munculnya
pesaing dari EO lain.
·
Solusi dari masalah :
a. Menegaskan
aturan dan tata tertib bekerja dalam suatu perusahaan
b. Menaikan
gaji atau menambah bonus apabila karyawan tersebut mengerjakan tugas lebih
dengan apa yang diminta oleh clien (Jujur dan Displin)
c. Pemesanan
EO harus minimal 1 bulan agar acara yang akan dilaksanakan dapat sesuai dengan
apa yang di harapkan oleh clien (Pemilihan lokasi bisa outdoor ataupun Indoor)
d. Meningkatkan
mutu dari EO Mahkota agar tidak kalah saing dengan EO lainnya dan juga menambah
training bagi karyawan baru agar lebih profesional dalam bekerja dan adanya
reward (Penghargaan) untuk karyawan lama agar adanya kerjasama tim untuk
menghasilkan acara yang bagus.
3. Efrinta
Dhelia Juliasari
·
Jabatan :
Stage Manager
·
Tugas :
Kelancaraan acara mengatur kelancaran tellen sesuai jadwal dan mengendalikan
waktu tampil.
·
Permasalahan yang
sering di temukan:
a. Kurangnya
kedisiplinan ketepatan waktu pada saat events diadakan
b. Kurangnya
koordinasi dengan pengisi acara dan Talent
Management
c. Kurangnya
kesiapan seluruh sarana panggung dan pengisi acara
·
Solusi dari masalah:
a. Kedisiplinan
dan ketepatan waktu lebih diperhatikan kembali. Sangat diperlukan dengan
koordinasi antar manajer dengan pengisi acara seta Talent Management sehingga
tidak terjadi kesalahpahaman . Perlu adanya kesiapan yang matang terhadap acara
yang diminta oleh clien.
4. Aprillia
Retno Wulan Sari
·
Jabatan :
Client Service
·
Tugas :
Penghubung dengan client dan sponsor kepada show director dan project offiecer.
Menemani client sejak hadir hingga selesai acara dengan kepuasaan.
·
Permasalahan yang
sering di temukan:
a. Seringkali
pihak sponsor tidak memberikan respon atas proposal yang diajukan
b. Pihak
Sponsor datang karena secara tidak sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan ,
dengan kejadian tersebut akan mempengaruhi jadwal yang telah dibuat.
·
Alternatif Penyelesaian :
a. Client Service
harus melakukan follow up atau
menghubungi kembali pihak sponsor
b. Pengecekan
utang proposal terkait dengan kontrak person yang dicantumkan dalam proposal
c. Menghubungi
pihak sponsor dan meminta keterangan waktu pihak sponsor datang
d. Meminta
Stage Manager untuk mengubah jadwal untuk menyesuaikan kedatangan pihak
sponsor apabila memungkinkan
·
Solusi dari masalah:
a. Client Service
bersama Field Officer mengecek ulang
proposal yang telah diajukan pihak sponsor , apabila kontak person yang
dicantumkan benar maka Client Service
harus segera melakukan follow up
kepada pihak sponsor
b. Menghubungi
pihak sponsor untuk menanyakan waktu kedatangannya dan berkoordinasikan dengan Stage Manager agar acara dapat berjalan
lancar.
5. Yosefa
Agnes Yollanda Neonbeni
·
Jabatan :
Show Director
·
Tugas :
Kualitas sajian acara baik segi artistik dan kenyamanan audience.
·
Permasalahan yang
sering di temukan:
a. Audience
kurang merasa nyaman dengan tempat atau tata letak yang di sediakan oleh pihak
EO
b. Dekorasi
yang di sajikan kurang tertarik sehingga client dan audience banyak yang tidak
suka
c. Kurangnya
Fentilasi dari suatu dekor, sehingga audience merasakan kepanasan .
·
Solusi dari masalah:
a. Memerlukan
banyak refrensi tata letak dalam setiap lokasi agar tidak ada penempatan
sesuatu yang salah dalam mendekor
b. Melatih
para karyawan/petugas dekor agar memiliki ide seni yang setiap kali dekor
berbeda bentuk dengan dekor yang lain sehingga pengunjung / clien senang dengan
dekorasi yang lebih kreatif.
6. Firliana
Dwicahyani
·
Jabatan :
Art Director
·
Tugas :
Permasalahan Artistik sepertu tampilan panggung, dekorasi panggung, efek yang
berhubungan dengan keindahan
·
Permasalahan yang
sering di temukan:
a. Properti
yang diinginkan client susah untuk didapatkan
b. Dekorasi
yang telah dibuat titdak sesuai dengan keinginan clien
c. Kurangnya
komunikasi antara client dengan pihak Art
Director
·
Solusi dari masalah:
a. Membuat
cara alternatif lain agar properti yang dibuat sesuai dengan keinginan clien
b. Harus
lebih berkomunikasi dengan client agar dekorasi sesuai dengan pemesanan.
Komunikasi biasanya dilakukan dengan cara WA atau SMS
7. Uun
Enda Umiaty
·
Jabatan :
Fielled Officer
·
Tugas :
Menangani persiapan promosi perijinan kemanan, konsumsi, keuangan, kesekretariatan.
Permasalahan
yang
sering di temukan:
a. Dalam
keuangan akar masalahnya yaitu clien terlambat dalam pembayaran , sehingga
menghambat kerja EO
b. Dalam
Makanan (Penyajiannya) yaitu clien memprotes karena makanan yang di sajikan
tidak sesuai dengan rasa yang diharapkan.
Solusi dari masalah:
a. Dalam
keuangan : Tim EO akan lebih tegas dalam menghadapi clien agar mereka membayar
tepat waktu atau lebih baik melunasi sebelum acara dimulai.
b. Dalam
Makanan (Penyajian) : pihak Field Officer
akan mendatangi langsung catering yang akan dipesan sekaligus memberikan arahan
terhadap rasa masakanan yang nantinya akan dihidangkan . Sekaligun Field Officer yang akan mencoba (sampel
makanan) apakah layak untuk disajikan atau tidak.
Terimakasih atas infonya ya min, sangat bermanfaat.
BalasHapusOh ya, sekedar informasi tambahan aja nih.
Bagi yang membutuhkan Sewa Misty Fan Bali untuk keperluan berbagai acara seperti event, pameran, pesta dan lain-lain bisa coba menghubungi kami Arthur Teknik.
Salam Blogger min.